Kamis, 20 Agustus 2020

Rpp Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp/Mts Revisi 2017

Kevin Taw
 menurut rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Rpp Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp/Mts Revisi 2017
RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi pokok : Teks Berita
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 12 JP ( 6 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan bencana tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abnormal (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsurteks informasi (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaanteks informasi (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca berita
4.1 Menyimpulkanisidari berita(membanggakan dan memotivasi) yang dibacadan didengar
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk beritasecara verbal dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,atauaspek verbal (lafal, intonasi,mimik, kinesik).

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian teks berita
3.1.2 Menganalisis Unsur-unsur informasi (5 W+1H)
3.1.3 Menganalisis Ringkasan dan penyimpulan berita.
3.1.4 Menganalisis Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
3.1.5 Mengidentifikasi Tanggapan terhadap isi berita.
3.1.6 Menganalisis unsur-unsur teks informasi (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2.1 Menganalisis Struktur teks informasi yang mencakup Kepala berita
3.2.2 Menganalisis Struktur teks informasi yang mencakup Tubuh berita
3.2.3 Menganalisis Struktur teks informasi yang mencakup Ekor Berita
3.2.4 Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaan teks berita.
3.2.5 Menganalisis Bahasabaku dan tidak baku (pengayaan)
4.1.1 Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
4.2.1 Menyajikan isi dari informasi (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

C. Tujuan pembelajaran
Pertemuan pertama
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Memahami Pengertian teks berita
Pertemuan kedua
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Mengetahui Unsur-unsur informasi (5 W + 1H)
Pertemuan ketiga
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Mengetahui Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
Pertemuan keempat
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Mengetahui Struktur teks informasi yang mencakup Kepala berita
Pertemuan kelima
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
Pertemuan keenam
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini penerima didik diperlukan dapat:
Membuatisi dari informasi (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai perilaku responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Soal bocor, UN di ulang
b. Konsep
Pengertian Teks Berita
c. Prinsip
Sruktur Teks Berita
d. Prosedur
Menyusun teks Berita


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain ihwal materi pokok
Menyimak tayangan/demo ihwal materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial sanggup diberikan kepada penerima didik yang belum mencapai KKM maupun kepada penerima didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua penggalan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi penerima didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan penerima didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada penerima didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai akad dengan penerima didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2018

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                 Guru Mata Pelajaran


…………………………………      ………………………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.

Baca Juga :

RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Bahasa Sunda Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
RPP Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017